Selasa, 17 Februari 2009

OUTBOND SD NOGOPURO KERJASAMA DENGAN PPLH REG JAWA

Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan soft skill, salah satunya melalui kegiatan out bond. Team work, keberanian, manajerial, kemandirian, cinta alam, kesabaran, dll dapat diperoleh dari berbagai macam game-game out bond.

Hari kamis, tanggal 26 Februari 2009, SD NOGOPURO bekerjasa dengan PPLH REGIONAL JAWA mengadakan OUTBOND Lingkungan Hidup di Banyu Sumilir. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian Siswa terhadap Lingkungan sekitar. OUTBOND tersebut diikuti oleh 80 siswa SD Nogopuro dan 25 Guru Karyawan. PPLH REG JAWA sebagai promotor utama kegiatan ini. Ibu Nur dan Ibu Wulan, penanggung jawab kegiatan ini sangat bersyukur karena kegiatan in dapat berjalan dengan lancar dan selamat.

Berikut beberapa game yang dapat digunakan :

1 . Tim work, leadership, manajerial, kesabaran yaitu permaianan :

Dragon Ball ; mencari kelereng dalam lumpur, peserta disuruh untuk mencari beberapa kelereng dalam jumlah tertentu yang sudah dilempar. Kategori permaianan sulit.
Botol Bocor ; peserta disuruh untuk mengisi air di botol yang bocor dengan berbagai titik lobang dengan menggunakan anggota tubuh, sehingga mereka berusaha untuk menutupi lobang itu secara tim, permaianan ini kategori sulit.
Jaring bola ; peserta disuruh untuk menjaring bola dalam air dengan menggunakan jaring dari tali rafia yang memiliki kelonggaran bervariasi, permaianan ini termasuk kategori kesulitan menengah.
Gembala sapi ; peserta ditutup matanya kecuali satu sebagai gembala, si gembala memberikan kode tepukan yang telah disepakati bersama untuk melewati rintangan yang telah disediakan, kode itu akan disalurkan beruntun ke teman di depannya.
2. Ketangkasan, keberanian yaitu jenis permaianan ini membutuhkan peraltan yang cukup daan orang yang ahli :

Rafling ; yaitu menuruni bukit dengan tali ala panjat tebing
Flying fox ; yaitu menyeberangi dengan menggunakan tali yang bergantung
Peserta dapat mengambil manfaat dari permaianan itu untuk diambil hikmanya.

Semoga kegiatan OUTBOND ini dapat menjadi AGENDA TAHUNAN DI SD NOGOPURO, sehingga pengenalan terhadap lingkungan hidup secara dini dapat menjadikan kepedulian lingkungan secara total.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar