Rabu, 10 Desember 2008

Periksa Gigi Gratis oleh FKG UGM

Sikat Gigi

Ayo ayo sayangku, Janganlah tidur dulu
Mari sikat gigimu, Bersama ibu

Dua belas ke kiri, Dua belas ke kanan
Dua belas ke atas, Dua belas ke bawah

Ayo ayo sayangku, Kumur-kumur mulutmu
Buang-buang kumanmu, Jangan kau ragu

Dua belas ke kiri, Dua belas ke kanan
Dua belas ke atas, Dua belas ke bawah

Ayo ayo sayangku, Apa yang kamu tunggu
Mari sikat gigimu, Bersama ibu

Written by Lala Sumardiono

A
nak kecil malas sikat gigi? Wah... jangan dong. Nanti giginya bisa cepat rusak. Apalagi kalau dia senang sekali makan yang manis-manis.

Terus bagaimana dong cara mengajak anak kecil sikat gigi yang enak? Soalnya ada anak kecil yang tidak suka sikat gigi, bahkan tidak mau buka mulut.

Image Walaupun sejak kecil Yudhis & Tata dibiasakan rutin sikat gigi, ada hari-hari saat mereka juga malas buka mulut untuk sikat gigi. Biasanya hal itu terjadi kalau mereka sudah sangat mengantuk atau sebenarnya mereka masih belum mau tidur. Kadang juga mereka maunya buru-buru cepat selesai sikat giginya.

Waktu Yudhis ke dokter gigi untuk mencabut 2 gigi serinya, dokter gigi memberitahu Yudhis bahwa sikat gigi itu harus merata, tidak boleh terburu-buru. Kalau perlu sikat giginya di depan kaca supaya bisa melihat gigi mana yang belum disikat dan masih belum bersih.



Itu adalah lagu dan sepenggal cerita anak, yang semula malas akhirnya rajin sikat gigi.
SD N Nogopuro bekerja sama dengan Co-Ass Fakultas Kedokteran Gigi UGM, pada hari Rabu tanggal 10 Desember 2008, mulai pukul 07.00 - 10.30 WIB mengadakan acara pemeriksaan gigi. Siswa kelas I, III, IV SD Nogopuro mendapat giliran untuk pemeriksaaan gigi pada hari rabu tersebut.

Hujan yang mengguyur lingkungan SD Nogopuro dari pagi hingga siang hari, tidak mematahkan semangat para dokter gigi muda dari UGM tersebut untuk terus, terus, dan terus memeriksa gigi anak - anak. Ayo.....adek-adek.. buka yang lebar mulutnya....biar kelihatan giginya.... he...he...he... mungkin itu sepenggal kalimat yang terus di ucapkan para co-ass FKG UGM.
Yang seharusnya dilanjutkan dengan acara gosok gigi bersama, tetapi cuaca yang tidak memungkinkan, maka gosok gigi bersama ditunda sampai hari kamis besuknya.

Dalam sambutannya, Bapak Suharsono, S.Pd (Kepala Sekolah) menyambut gembira dan antusias dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan kerjasama ini akan terus berlanjut.

Dalam rangka menyambut lomba ADIWIYATA Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup Tingkat Nasional pada tahun 2009, SDN Nogopuro juga mempersiapkan Ruang UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang lebih layak. Laboratorium IPA yang kurang optimal pemanfaatannya, dipermak menjadi ruang UKS yang memenuhi standar. Diharapkan para dokter gigi muda UGM tersebut bisa membantu kelayakan operasional UKS tersebut.

Jangan lupa lho....bersambung hari esok. masih ada pemeriksaaan gigi untuk kelas II, V.VI. tunggu ya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar